DISP123 31.2 1589 177 13 40 DISP-A679 45.6 5485 221 23 55 KEAMANAN BERTRANSAKSI DI DUNIA MAYA - Kangs Ilham

KEAMANAN BERTRANSAKSI DI DUNIA MAYA


Berikut adalah beberapa hal yang harus anda perhatikan dalam transaksi online, diurutkan berdasarkan tingkat keamanan transaksi online :

1. TRANSAKSI MELALUI WEBSITE/TOKO ONLINE PRIBADI

Wajib bagi anda untuk mengecek apakah website/toko online tersebut sudah lama beroperasi? Apakah platform yang digunakan? Jika toko online tersebut dibuat asal menggunakan web/blog gratisan, berhati-hatilah karena web/blog gratisan relative mudah dibuat dan dipalsukan. Tetap berhati-hati walaupun bertransaksi di kategori ini memiliki tingkat yang paling aman. Untuk mengecek pemilik/registrant anda dapat menggunakanwhois.domaintools.com

2. TRANSAKSI MELALUI JEJARING SOCIAL

Wajib bagi anda meneliti akun tersebut sudah berapa lama usia akun tersebut, jenis akun, jumlah pertemanan, update status, komentar status, dll.

Berikut tips saya untuk jejaring sosial :
  1. bertransaksilah dengan akun yang sudah lama beroperasi
  2. bertransaksilah dengan akun yang sudah memiliki user name
  3. bertransaksilah dengan akun yang memiliki pertemanan sebanyak mungkin
  4. bertransaksilah dengan akun yang senantiasa mengupdate status produk, foto/video karya sendiri (bukan copy paste dari internet), menjawab komentar pelanggan (dan tidak menghapus komentar buruk dari pelanggan namun dengan menjawab kesalahpahaman tersebut)
  5. bertransaksilah dengan akun pribadi yang memiliki komentar persahabatan/bahasa gaul/bahasa keluarga kandung dan komentar yang positif.
  6. lebih aman lagi bertransaksi dengan akun yang sudah memiliki halaman bisnis di jejaring sosial dengan jumlah penggemar (fans page) yang banyak.

3. TRANSAKSI MELALUI FORUM DAN TERMASUK MELALUI PASANG IKLAN

Merupakan salah satu transaksi online dengan tingkat keamanan yang paling membahayakan. Namun, tidak semua penjual online di bagian ini adalah penjual palsu/penipu.


ping fast  my blog, website, or RSS feed for Free
Share on Google Plus

About Admin

0 comments:

Post a Comment